Pengembangan Bahan Ajar Segitiga Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

  • Dian Mayasari Universitas Musamus
Keywords: Open Ended, Problem Solving, Teaching Material

Abstract

This study aims to develop a learning device by usingapproach open-endedis good (valid, active and effective) to improve students' mathematical problem solving usingapproach. open endedTeaching material developed in the form of teacher books, student books. Student activity sheet, RPP. The development of teaching materials using theapproach open-endedand referring to the modified model of Thiagarajan 4-D teaching materials, namely defining, designing, developing and distributing. The results of the study showed that the teaching materials developed had the value of validity, practicality, teacher response, student response and the results of field trials. Based on the results of field trials, teaching materials developed using an open-ended approach can improve students' mathematical problem-solving abilities so that their learning outcomes are better, from these results it is suggested that open ended approaches should be applied to schools.

References

Astin, A. E., & Bharata, H. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I),12 Maret 2016,Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2),1-10.

Faridah, N., & Aeni, a. n. (2016). Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1061-1070. http://dx.doi.org/10.23819/pi.v1i1.3025

Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259. https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116

Herdiman, I. (2017). Penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran matematik siswa SMP. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3(2), 195-204. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.691

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Mawaddah, S., &Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakag) di smpn model pembelajaran generatif (generative learning) di smp. EDU-MAT, 3(2). 166-175. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Melianingsih, N., & Sugiman, S. (2015). Keefektifan pendekatan open-ended dan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar di SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 211-223. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7335

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2). 119-131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35-46.

Salafudin, S., Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 20-30.

Setiawan, R. H., &Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241-257. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Suastika, K. (2017). Mathematics Learning Model Of Open Problem Solving To Develop Students’ Creativity. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 569-577.

Uhti. (2011). Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika,13 November 2012, FMIPA UNY.

Widiyasari, R. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika Konstruktivis Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pada Materi SPLDV Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 64-81.

Winardi, W. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode MMP dan Pendekatan Open-Ended. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, UNNES, 420-431.

Yeni, R, ES., & Harta, I. (2014). Keefektifan pendekatan open-ended dan CTL Ditinjau dari hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 113-126. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2669

Published
2019-07-01