Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning

  • Rahmawati Universitas PGRI Palembang
  • Anggria Septiani Mulbasari Universitas PGRI Palembang
Keywords: Blended Learning; Cooperative Script; Mathematical; Solution to problem.

Abstract

The purpose of this research wasto find out the improvement of students' mathematical problem solving abilities that were taught by using Cooperative Script Model and Blended Learning. Cooperative script is a learning model by conveyinglearning material starting with sharinga summary of teaching material and then providing the opportunityfor the studentsto read it for a moment and sharingnew ideas into the teaching material provided alternately with each other's partners. The subjects in this studywere 60 students ofMA.Al-Fatah Palembang. The quasi-experimental method used in this study with the test asinstrument in collectingthedata which were thenanalyzed quantitatively using the t-test statistical formula. Based on the result of the calculation, it was found that the average test score of students treated by using cooperative script learning modelwerebetter than those treated by using conventional learningmodel.

References

Azni, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelasVII MTS Cerdas Murni Tembung pada pokok bahasan aritmatika sosial tahun pelajaran2014/2015. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 5(1), 41-48.

Ekici, D. I. (2017). The use of edmodo in creating an online learning community of practice for learning to teach science. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 5(2), 91-106.

Fitria, N. A., & Leonard, L. (2015). Efektifitas penerapan metode pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 26 Agustus 2015, Fakultas Teknik, Matematika & IPA Universitas Indraprasta PGRI.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended learning in higher education: Framework, principles, and guidelines. San Fransisco: Josey-Bass

Halimah, S. (2015). Peningkatan pengetahuan tentang garis bilangan melalui permaianan loncat garis dan metode tugas pada siswa kelas 2 semester 1 SDN 5 Jepon kecamatan Jepon tahun pelajaran 2015/2016. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasnibeti, H. (2017). Penerapan metode cooperative script dalam meningkatkan hasilbelajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran matematika. Suara Guru, 3(3), 427-436.http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i3.4083

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Hutagaol, K. (2012). Strategi multi representasi dalam kelompok kecil untukmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Disertasi tidak dipubliskan, Pendidikan Matematika SpsUPI,Universitas Pendidikan Indonesia.

Ibrahim. (2011). Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisirsebagai upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik, komunikasi matematika,dan keterampilan sosial siswa SMP. Disertasitidak dipubliskan, Pendidikan Matematika Sps UPI, Universitas Pendidikan Indonesia.

Kurniasih. (2012). Pengaruh pembelajaran matematika dengan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa SMA. . Jurnal Pendidikan Matematika “Symmetry”. 1(1), 61-71

Natalina, M. (2013). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII5 SMP Negeri 14 Pekanbaru tahun ajaran2012/2013. BIOGENESIS (Jurnal Pendidikan Sains dan Biologi), 10(1), 44-52.

Noor, A. J., & Norlaila, N. (2014). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model cooperative script. EDU-MAT, 2(2).http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i2.620

Rahmawati, R. (2019). Penerapan metode mind mapping berbantuan edmodo blended learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Indiktika, 1(1), 44-54.http://dx.doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2830

Rima,M., & Nani, S. (2016). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176-187.https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349

Robiati. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe skrip siswa kelas II SDN 016 Buluh Kasap Dumai Timur.Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(2),234-239.

Rohman, N. (2016). Perbedaan pengaruh model pembelajaran cooperative script berbantuan peta pikiran dengan direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan program linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 50-55.http://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.855

Ruseffendi. (2005). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta.Bandung:Tarsito.

Slavin, R. E., Stevens, R. J., & Madden, N. A. (1988). Accommodating student diversity in reading and writing instruction: A cooperative learning approach. Remedial and special education, 9(1), 60-66.https://doi.org/10.1177/074193258800900111

Suhendri, H. (2015). Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105-114.http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Supardi, U.S. (2008). Pengaruh bentuk tes formatif dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika.Jurnal Ilmiah FaktorExacta, 1(2). 115 –126.

Suryani, N. K., Atmadja, N. B., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar sosiologi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.1010

Trianto, 2011.Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tripathi, H. (2016). Effectiveness of blended learning using lms-edmodo in teaching economics at higher secondary level. The International Journal of Indian Psychology, 3(10), 74.Diambil dari http://www.ijip.in.

Yudiawati, N. (2017). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis sekolah menengah pertama (SMP). Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 63-72.

Zamzani, R., & Munoto. (2013).Pengaruh teknik pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat menerapkan dasar-dasar elektronika pada siswa kelas X Tav di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). 343-350.

Published
2020-01-24