Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Konstruktivisme Materi Program Linier

  • Rahma Oktaviani Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang, Riau
  • Zulfah Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang, Riau
Keywords: Constructivism, Students’ Worksheet, Linear Program

Abstract

This research intends to lead an initial analysis in developing students' worksheets (LKPD) based on constructivism to facilitate the students’ ability in understanding the mathematical concepts optimally. This research used the Borg and Gall Model which consists of ten stages, but in this study conducted the first stages, preliminary research stage. The first step is the initial stage of the research; it needed analysis, students’ analysis, curriculum analysis, construct analysis, and analysis of existing teaching materials. Based on the results of the preliminary analysis, it can be concluded that to be able to fortify students’ ability in understanding the mathematical concepts, the teachers need learning tools that will help students learn and expand their skills in understanding mathematical concepts in the linear program material. The students’ worksheet, which is based on one of the methods that have been shown to enhance the ability to understand concepts, namely Constructivism, should provide information that will help students improve the ability to understand their concepts.

References

Aditya, H. & Indra, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendikia, 1(2), 51-63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20

Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%25p.

Ansari, B. (2003). Menumbuh kembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik melalui Strategi Think-Talk-Write (Eksperimen di SMUN kelas I Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.

Apriani, D. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivis Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 29-38. https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i1.682

Asra, S. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88-92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515

Depdiknas. (2007). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Gardenia, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMK Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Model Needha. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 110-118. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.944

Kirana, J. C. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Barisan dan Deret Kelas X Akuntansi SMKN 1 Kota Solok. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMatics), 2(1), 51-57.

Meini, M., Hasanuddin, H., & Djufri, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis LKPD Konstruktivistik terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Konsep Makanan dan Sistem Pencernaan Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Edubio Tropika, 5(1), 33-37.

Muchlis, E. E., & Maizora, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Trigonometri Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Berbantukan Macromedia Flash 8 Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 39-44.

Mulyati, T. (2012). Pendekatan Konstruktivisme dan Dampaknya Bagi Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. EduHumaniora, 1(2)., 1-8.

Nurzazili., Irma, A., Rahmi, P. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 172-179. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.43

Putri, Y. E., & Prihatnani, E. (2020). Perbandingan PBL Dan DL Terhadap Pemahaman Konseptual Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-52. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.154

Rahayu, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 249-259.

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2011). Meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111-128.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulfah, Z. (2017). Tahap Preliminary Research Pengembangan Lkpd Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII Smp. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.59

Published
2020-06-24